Pendeteksi Longsor Buatan Indonesia

Pendeteksi Longsot Buatan Indonesia.

Tanah Longsor Yang Merupakan Peristiwa Alam Akhirnya Bisa Dicegah Dengan Sistem Pendeteksi Tanah Longsor Yang Di Di Buat Oleh Ilmuan Pintar Asal Indonesia Yang Bernama Teuku Faisal Fathani.

Teuku Faisal Fathani Yang Merupakan Seorang Ilmuan Telah Menemukan Alat Pendeteksi Tahan Longsor Yang Berasal Dari Universitas Gajah Mada Atau UGM. Faisal Mengatakan Bahwa Ia Terinspirasi Dari Alat Pendeteksi Gempa Asal Jepang Yang Di Buat Oleh JICA Atau Japan International Coorporation Agency Saat Menangani Masalah Gempa Pada Indonesia Tahun 1999.

Teuku Mengatakan Alat Canggih Ini Terbuat Dari Penakar Hujan, Ekstensiometer, Tiltmeter, Dan Alat Untuk Memantau Fluktuasi Muka Air Tanah, Alat Ini Telah Di Bawa Ke Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta Untuk Memantau Pergerakan Tanah.

Sayangnya Selepas Dipasang Ada Kerusakan Di Beberapa Alat Dan Hanya Bisa Di Perbaiki Di Negara Asalanya Dan Membutuhkan Banyak Sekali Biaya

Pada Tahun 2006 Lalu Teuku Faisal Fathani Menciptakan Alat Pendeteksi Longsor Yang Di Berikan Nama GAMA-EWS

Kesulitan Di Alami Oleh Faisal Dari Sisi Elektronik Dan Akhirnya Faisal Mengajak Mahasiswa Jurusan Tekno Elektro UGM Untuk Ikut Membantunya.

Pada Tahun 2007 Lalu Faisal Dan Tim Tekno Elektro UGM Telah Berhasil Membuat Alat Pendeteksi Tanah Longsor Generasi Pertama Walaupun Pembacaan Pergerakan Masih Manual.

Faisal Kini Terus Mengembangkan Alat Pendeteksi Tanah Longsor Menjadi Tidak Manual, Kini Alat Ini Telah Di Lengkapi Oleh Kertas Jadi Setiap Ada Pergerakan Di Tanah Alat Tersebut Akan Mencatatnya.

“Sebenarnya Banyak Orang Indonesia Yang Jago Berkreasi.”

11 thoughts

Leave a Reply