Kamera DSLR yang Tepat untuk Seorang Pemula

kamera dslr
(Gambar : bukalapak.com)

Memiliki sebuah kamera saat ini menjadi sebuah gaya hidup dan trend yang dilakukan anak muda. Jenis kamera yang sedang booming bukanlah kamera digital biasa melainkan sebuah kamera digital DSLR yang memiliki harga puluhan juta rupiah. Dengan kamera ini, berbagai jenis objek diam hingga bergerak cepat bisa ditangkap dengan lebih baik dengan hasil gambar yang rapat dan jernih. Pada kamera DSLR terdapat banyak fitur yang perlu di setting atau diatur oleh usernya sehingga menghasilkan bidikan yang tepat serta fokus yang akurat. Untuk itu para pengguna DSLR juga sebaiknya tak hanya mengikuti mode, namun sudah memiliki keahlian untuk menggunakan kamera type profesional ini.

Namun bagi Anda yang belum memiliki keahlian fotografi menggunakan DSLR tetapi ingin memiliki kamera tersebut, ada baiknya membeli sebuah kamera SLR yang memiliki spesifikasi pas untuk seorang pemula. Sembari menggunakan kamera tersebut, Anda bisa belajar cara menggunakan kamera dengan lebih ahli sehingga bisa mahir dalam menggunakan semua jenis SLR yang ada. Lalu spesifikasi yang seperti apa untuk sebuah DSLR Camera yang pas bagi seorang pemula? Berikut ini ringkasannya.

Pilihlah kamera yang memiliki sensor sekitar 20an Mp dengan beberapa titik auto fokus. Dengan begitu, camera bisa bekerja untuk Anda dalam menentukan bidikan yang tepat untuk menghasilkan gambar yang stabil saat objek bergerak. Auto Iso yang diberikan juga cukup besar sehingga bisa digunakan untuk membentuk gambar dengan pencahayaan yang pas meski di malam hari. Besaran ISO sebaiknya antara 1-6400 dengan fitur-fitur standar lainnya.

Lcd merupakan layar yang dipergunakan untuk melihat hasil jepretan maupun rekaman video. Bagi pemula, ada baiknya memiliki LCD yang berukuran lebih besar sehingga jelas dalam mempelajari hasil gambar yang sudah ada. Selain itu LCD juga sebaiknya bisa dimiringkan sehingga menghindari buramnya LCD akibat terkena sinar matahari langsung. Untuk kamera tingkat mahir atau professional , biasanya memiliki dimensi yang cukup besar dan berat. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya memilih kamera dslr yang cukup ringan saja agar mempermudah Anda untuk menggunakan dan membawanya.

Selain memilih jenis kamera yang bisa digunakan dengan lebih mudah dan cepat, tehnik Anda dalam menggunakan kamera juga perlu diperhatikan agar kamera lebih stabil dan aman dalam membawanya. Selalu kalungkan tali kamera saat menggunakan kamera agar kamera terhindar dari jatuh atau terlepas dari genggaman Anda. Jangan lupa untuk menutup kembali lensa setelah digunakan agar bagian depan lensa tetap bersih dan jernih ketika akan digunakan kembali. Harga sebuah kamera digital DLSR memiliki rentang yang sangat besar dari mulai Rp. 15 juta hingga ratusan juta rupiah. Anda sebagai pemula sebaiknya tak perlu membeli kamera yang terlalu mahal sebelum bisa mengoperasikannya semaksimal mungkin. Apalagi jika keperluan Anda memiliki kamera bukanlah keperluan komersil atau yang berhubungan dengan pekerjaan.

Itulah beberapa spesifikasi yang bisa Anda pilih untuk dasar pembelian sebuah kamera DSLR yang tepat bagi pemula. Untuk membelinya, Anda bisa memesan di situs belanja online terpercaya  yang seringkali memberi potongan harga saat ada promo di waktu tertentu. Jika ingin membeli secara langsung, Anda juga bisa menuju ke gerai toko kamera di mall atau gerai terdekat dari rumah Anda. Jangan lupa untuk meminta dan menyimpan nota pembelian serta kartu garansi untuk memudahkan Anda ketika melakukan perawatan di tempat layanan service resmi sesuai dengan vendor kamera yang Anda beli.